Kamis, 10 November 2011

askep keluarga



TINJAUAN KASUS

A.  Pengkajian Keluarga
      I.    Data Umum :
1.      Nama Kepala Keluarga                 :  Bapak Kamsir     (Umur : 66 tahun).
2.      Alamat dan Telepon                      : Gunung Anyar Lor, RT 01, RW 01 Kel. Gunung Anyar.
3.      Pekerjaan Kepala Keluarga           :  Tukang batu dan kayu.
4.      Pendidikan Kepala Keluarga        :  SD tidak tamat.
5.      Komposisi Keluarga                      :

No
Nama
Jenis Kelamin
Hubungan dengan KK
Umur
Pendidikan
1.
2.
3.
4.
5.
Ibu Zuroh
Abdul Anas
Abdul Somat
Habibie
Indahtul. A
P
L
L
L
P
Isteri
Anak
Anak
Anak
Anak
40 th
18 th
17 th
11 th
  8 th
SD
STM
SMU
SD
SD

Genogram :









Keterangan :
        :  Laki-Laki
        :  Perempuan
        :  Klien
        :  Meninggal Laki-laki
        :  Meninggal Perempuan
6.      Tipe Keluarga.
      Keluarga inti terdiri dari Pak Kamsir, Ibu Kamsir dan keempat anak kandung.
7.      Suku bangsa.
      Jawa – Indonesia. Pak Kamsir berasal dari Blitar dan Ibu Kamsir asli Rungkut Surabaya.
8.      Agama.
      Seisi keluarga menganut agama Islam. Tidak ada keyakinan yang berdampak buruh pada status kesehatan.
9.      Status Sosial Ekonomi Keluarga.
      Penghasilan keluarga perbulan > Rp. 500.000,- yang diperoleh dari hasil kerja Pak Kamsir jika kondisinya sehat, usaha Bu Kamsir membutat krupuk dan 4 buah kamar dikostkan. Pak Kamsir dan Ibu mengatakan dari penghasilan yang ada cukup unuk biaya makan, minum, berobat dan beli pakaian serta biaya sekolah anak.
10.  Aktifitas Rekreasi Keluarga.
·         Anak-naka kadang memancing, bermain dan berkunjung ke rumah teman, mendengar radio dan menonton TV bersama Pak Kamsir dan Ibu.
·         Sesekali keluarga mengunjungi sanak famili Pak Kamsir di Blitar atau bersendagurau dengan penghuni kost.

II.  Riwayat Tahap Perkembangan Keluarga
1.      Tahap perkembangan keluarga saat ini :
Keluarga berada pada tahap perkembangan keluarga dengan anak usia remaja.
2.      Tahap perkembangan keluarga yang belum terpenuhi :
Tidak ditemukannya tahap perkembangan keluarga yang belum terpenuhi. Anak I berusia 18 tahun dan sedang sekolah. Bapak dan Ibu Kamsir mengatakan komunikasi dengan anak-anaknya bersifat terbuka dan masing-masing anak tahu akan tugas dan kewajibannya.
3.      Riwayat keluarga inti :
Bapak dan Ibu Kamsir mengatakan tidak mempunyai riwayat penyakit keturunan tertentu. Hanya pada usia mudanya pak Kamsir pernah menderita penyakit batu ginjal yang sedianya akan dioperasi dokter, tetapi akhirnya hancur sendiri tanpa operasi. Mengenai anak-anak dikatakan tidak pernah menderita penyakit berat tertentu, kecuali demam, batuk pilek biasa. Saat ini pak Kamsir sedang menderita penyakit “BRONCHITIS KRONIS” berdasarkan diagnosa dokter puskesmas Gunung Anyar sejak lebih dari 2 tahun lalu.
4.      Riwayat keluarga sebelumnya :
Pak Kamsir mempunyai saudara 5 orang dan Pak Kamsir anak bungsu (ke enam). Ke empat saudaranya masih hidup kecuali anak ke lima sudah meninggal dengan riwayat sakit yang tidak diketahui persis. Ibu Kamsir mempunyai saudara 4 orang denan Ibu Kamsir sebagai anak bungsu (ke lima). Anak sulung sudah meninggal dengan riwayat sakit yang juga tidak diketahui persis.

III.    Lingkungan
1.      Karakteristik rumah :
Luas rumah 48 m2 dengan panjang 12 m dan lebar 4 m. terdiri dari 2 kamar tidur, satu kamar mushola, satu WC, satu kamar mandi, tanpa gudang, satu biuah dapur dan satu ruang tamu. Tipe rumah permanent. Jendela rumah terdapat diruang tamu dengan posisi menghadap ke timur, satu buah diruang tengah menghadap ke utara, satu buah dimushola dan di kamar tidur masing-masing satu buah. Secara umum sistem ventilasi di kamar tidur dan ruang tengah sangat kurang. Barang-barang diletakkan dilorong/ruang tengah dan di ruang belakang depan dapur dan mushola. Tidak mempunayi septi tank. WC permanent dibuat saluran pembuangan langsung ke kali kecil di belakang rumah. Sumebr air minum dari PAM yang dibeli secara ecertan (tidak berupa pipa permanent). Sumber air bersih untuk memcuci digunakan sumur. Kebiasaan memasak menggunakan kayu bakar sehingga banyak asap dalam rumah keluar rumah. Lantai rumah terbuat dari tegel dengan kebiasaan keluarga keluar masuk rumah tanpa melepaskan alas kaki sehingga kesanya banya debu/tanah.

Denah Rumah :




D
RT
KK
KK
KK
KK
M
KT II
KT I









Keterangan :
RT    =  Ruang Tamu
KT    =  Kamar Tidur
M      =  Mushola
D      =  Dapur
KK   =  Kamar Kost.

2.      Karakteristik tetangga dan komunitas RW :
Keluarga pak Kamsir bertetangga dengan satu keluarga Polisi dan lainnya wiraswasta. Semua tetangga beragama Islam dari suku jawa asli yang taat beribadah kebiasaan kerja bakti dilakukan bersama sebulan sekali. Hubungan dengan tetangga dilakukan sepanjang tegur sapa biasa. Kunjung mengunjung dilakukan bila hari raya Agama.
3.      Mobilitas geografis keluarga :
Keluarga ini tidak pernah berpindah-pindah tempat tinggal. Bapak dan Ibu Kamsir kebanyakan berada di rumah selama Pak Kamsir masih sakit. Ibu Kamsir setiap dua hari sekali pergi kewarung-warung di dekat rumah untuk menitip kerupuk. Anak-anak aktif ke sekolah pada siang hari.
4.      Perkumpulan keluaraga dan interaksi dengan masyarakat :
Keluarga Pak Kamsir aktif dalam perkumpulan Tahlilan bagi Bapak dan Ibu. Sedangkan anak-anak aktif kegiatan ngaji dan remaja masjid dan sebagai anggota pondok pesantren.
5.      Sistem pendukung keluarga :
Ibu Kamsir dan keempat anaknya sehat-sehat saja. u Kamsir dan keempat anaknya sehat-sehat saja. Selama ini yang aktif merawat Pak Kamsir hanya ibu kamsir sendiri. Pak Kamsir dan ibu mengatakan tidak punya tabungan khusus hari tua atau untuk membiayai kesehatan. Jarak rumah degan fasilitas kesehatan terdekat yaitu Puskesmas ± 500 m. Adanya kegiatan jimpitan kelompok yang bisa dipakai untuk biaya kesehatan. Selain itu Pak Kamsir mengatakan untuk biaya pengobatannya kadang-kadang dibantu oleh saudara-saudara ibu Kamsir termasuk memberikan dorongan agar mencari pengobatan secara teratur. Saat ini Pak Kamsir lebih memilih pada Tabib secara alternatif.

IV.    Struktur Keluarga
1.      Pola Komunikasi Keluarga :
Pak Kamsir dan Ibu mengatakan komunikasi keluarga dilakukan secara terbuka. Menurut Pak Kamsir, kadang-kadang menegur dengan keras kepada anak-anaknya yang melalaikan tugas-tugas sekolah atau terlambat pulang makan kalau bertandang ke rumah teman.
2.      Struktur Peran Keluarga :
Pak Kamsir mengatakan dirinya sudah tua dan sakit-sakitan. Oleh karena itu tidak mempunyai peran khusus untuk merubah perilaku orang lain di masyarakat. Kecuali terhadap anak-anak yang sering diingatkan untuk menjaga pergaulan yang baik agar tidak terjerumus dalam perbuatan yang merusak citra keluarga.
3.      Struktur Peran (formal dan informal) :
Pak Kamsir hanya sebagai anggota Takmir Masjid sedangkan ibu Kamsir sebagai anggota organisasi Fatayat.
4.      Nilai dan Norma Keluarga :
Keluarga memandang sakit disebabkan oleh penyakit, bukan karena faktor magis dan lainnya. Menurut pak Kamsir hal magis memang ada tetapi tidak terlalu diperhitungkannya karena selama ini keluarganya tidak pernah menyusahkan orang lain.
Menurut pak Kamsir, ... selama ini banyak orang beranggapan bahwa magis merupakan keadaan yang menakutkan sehingga kalau sakit lebih suka ke dukun terutama penyakit yang tak kunjung sembuh. Pada hal menurut paka Kamsir kita harus teguh pada keyakinan agama. Oleh karena itu keluarganya sering berobat ke sarana kesehatan bila sakit. Namun sakitnya pak Kamsir karena harus berobat rutin ke dokter dimana harga obat semakin mahal sehingga akhir-akhir ini lebih cenderung berobat ke Tabib dengan menggunakan pengobatan alternatif. Di samping itu menurut pak Kamsir dan ibu sebagaimanapandangan umum masyarakat disekitarnya bahwa obat yang diperoleh dari puskesmas sangat terbatas/sederhana sehingga sakit seperti pak Kamsir dianggap sulit sembuh walaupun awalnya sempat berobat beberapa kali ke puskesmas Gunung Anyar. Terhadap kebiasaan pak Kamsir yang kadang-kadang masih merokok, ibu Kamsir mengatakan saya serahkan pada keadaan bapak sendiri yang merasakannya. Kalau sering ditegur malah marah-marah. Menurut pak Kamsir sendiri mengatakan merokok hanya sesekali saja bukan setiap saat, itu buu tergantung pada kondisinya. Kadang-kadang berobat ke dokter praktek dengan berpindah-pindah.

V.     Fungsi Keluarga
1.      Fungsi Afektif :
Menurut Pak Kamsir dan ibu serta kedua anak yang sudah remaja Zuroh dan Abdul Anas, mereka memandang dirinya masing-masing layaknya manusia normal lainnya. Kecuali pak Kamsir mengatakan dirinya semakin tua dan sakit-sakitan sementara anak-anaknya masih kecil. Ibu Kamsir mengatakan keluarganya saling menghormati satu sama lain dan tetap mempertahankan keharmonisan keluarga.
2.      Fungsi Sosial :
Menurut keluarga, kehidupan mereka tidak lepas dari corak lingkungan agamis muslim yang taat pada aturan ibadah, organisasi dan aktivitas keagamaan.
3.      Fungsi Perawatan Kesehatan :
Secara Umum keluarga masih belum mampu mengenal karakteristik penyakit Bronkitis Kronis yang diderita pak Kamsir, Dalam mengambil keputusan tindakan kesehatan masih lemah, kemampuan memberikan perawatan pada pak Kamsir masih kurang, kemampuan menciptakan lingkungan yang meningkatkan status kesehatan masih kurang, demikian juga dengan pemanfaatan sarana kesehatan sudah cukup baik tetapi tidak konsisten.
4.      Fungsi Reproduksi :
Pak Kamsir mempunyai 4 orang anak dan mengatakan tidak ingin punya anak lagi. Ibu Kamsir berumur 40 tahun dan mengatakan belum berhenti haid tetapi pasangan ini tidak mengikuti program KB. Menurut ibu Kamsir, selain karena takut juga pada pak Kamsir sudah tua dan sakit-sakitan sehingga hampir tidak pernah melakukan hubungan suami istri. Menurut pak Kamsir dan ibu, keduanya bisa menerima keadaan seperti ini selain karena anak-anaknya semakin besar juga harus bisa menerima kenyataan hidup.
5.      Fungsi Ekonomi :
Pak Kamsir mengatakan kondisi akan keluarga saat ini menurun draktis sejak kondisinya sakit-sakitan. Oleh karena itu pemanfaatan keuangan seefisien mungkin.

VI.    Stres dan Koping Keluarga
1.      Stresor Jangka Pendek dan panjang :
Menurut Pak Kamsir, sejak ± 6 bulan terakhir ini sering memikirkan keadaannya yang semakin tua dan sakit-sakitan sementara anak-anaknya semua masih sekolah, belum ada yang bekerja. Tetapi Pak dan ibu Kamsir mengaakan tidak terlalu cemas karena semuanya sudah diatur oleh yang Maha Kuasa.
2.      Kemampuan Keluarga Berespon Terhadap Stresor :
Selain kepasrahannya, pak Kamsir berharap anaknya Zuroh cepat mendapat pekerjaan setamat STM nanti.
3.      Strategi Koping Yang Digunakan :
Pak Kamsir bersama istri selalu berdiskusi untuk memecahkan problem keluarga dengan kadang-kadang melibatkan anaknya Zuroh sebagai anak sulung. Selain itu pak Kamsir dan ibu mengatakan disamping berusaha juga berpasrah pada kehendak Yang Maha Kuasa. kalau kebutuhan yang sangat mendesak, keluarga ibu Kamsir selalu dimintai bantuan.
4.      Strategi Adaptasi Disfungsional :
Menurut Bapak dan ibu Kamsir, anak sulung Zuroh mulai belajar merokok. Tetapi menurut Zuroh sendiri, hal itu dilakukannya hanya sebatas penampilan sebagai anak muda untuk melepas ketegangan. Selama ini tidak pernah membeli rokok dari uang pemberian orang tua kecuali diberi teman-temannya.
VII.     Pemeriksaan Fisik.
·         Pak Kamsir : T : 120/80, N : 72x/m, S : 365c. Retraksi +, suara parau, agak kurus, mengeluh sesak napas, siamosis -, sering batuk berlendir.
·         Ibu Kamsir : T : 130/90, N : 68x/m, S : 360c.

VIII.    Harapan Keluarga.
            Pak Kamsir dan ibu berharap sesekali petugas puskesmas mau berkunjung seperti ini sehingga keluarganya bisa memahami norma-norma kesehatan. Selain itu pengobatan di puskesmas kalau bisa lebih lengkap lagi terutama untuk penyakit-penyakit kronis.

Ø  Analisa Data, Perumusan masalah dan Diagnosa Keperawatan
      Data Subyektif :
·         Pak Kamsir mengatakan sedang menderita penyakit Bronchitis Kronis sejak lebih dari 2 tahun lalu berdasarkan diagnosa dokter puskesmas Gunung Anyar. Sakitnya sering kumat-kumatan dengan gejala : Batuk-batuk berlendir terutama malam hari atau terkena udara dingin, sesak napas, suara parau, kadang-kadang disertai panas badan, badan lemah dan pusing.
·         Akhir-akhir ini sering menggunakan pengobatan alternatif ke Tabib karena berobat ke dokter semakin mahal sementara pengobatana di puskesmas tidak cukup obatnya.
·         Sering berpindah-pindah dokter.
·         Pak Kamsir mengatakan masih merokok sesekali.
Data Obyektif :
·         Ventilasi rumah kurang akurat.
·         Kebiasaan keluarga memasak menggunakan kayu bakar sehingga banyak asap dalam rumah.
·         Lantai rumah hanya disapu, jarang dipel, kebiasaan keluarga ke luar masuk rumah tanpa melepas alas kaki sehingga banyak debu/tanah bertebaran.
·         Pak Kamsir nampak kurus disertai retraksi + saat bernapas.
Ø  Perumusan Masalah.
Resiko tinggi bertambah memburuknya penyakit Bronchitis Kronis yang diderita pak Kamsir.
      Etimologi :
·         Ketidakmampuan mengenal karakteristik penyakit Bronchitis Kronis dan perawatannya.
      Diagnosa Keperawatan 1
Resiko tinggi bertambah memburuknya penyakit Bronchitis Kronis yang diderita Pak Kamsir berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga mengenal karakteristik penyakit dan perawatannya.
Data Subyektif :
·         Ibu Kamsir mengatakan belum berhenti haid.
·         Tidak menjadi apsetor KB selain karena takut juga ibu Kamsir mengatakan hampir tidak pernah melakukan hubungan suami istri dengan pak Kamsir suaminya selain karena pak kamsir sudah tua juga sakit-sakitan. Meskipun demikian pak Kamsir maupun ibu Kamsir mengatakan dapat menerima keadaan tersebut tanpa melakukan hubungan suami istri.
·         Keduanya mengatakan tidak ingin mempunyai anak lagi.
Data Obyektif :
·         Mempunyai 4 orang anak dengan usia anak pertama 18 tahun, laki-laki, dan yang bungsu 8 tahun, perempuan.
·         Ibu Kamsir nampak sehat dan segar.
Ø  Perumusan Masalah.
Resiko tinggi terjadinya kehamilan diluar rencana.
Etiologi :
      Ketidak mampuan mengenal program KB.
      Diagnosa Keperawatan 2.
      Resiko tinggi terjadinya kehamilan ibu Kamsir diluar rencana berhubungan dengan ketidakmampuan mengenal program KB.
      Data Subyektif :
·         Keluarga mengatakan mempunyai WC tetapi tanpa septi tank. Sistem penyalurannya langsung ke kali kecil dibelakang rumah.

Data Obyektif :
·         Kondisi WC tanpa septi tank.
·         Sistem penyaluran dibuang langsung ke kali kecil dibelakng rumah.
·         Air kali mengalir menyusuri perkampungan.
Ø  Perumusan Masalah
Resiko tinggi terjadinya penularan penyakit saluran pencernaan bagi keluarga.
      Etiologi :
      Ketidakmampuan keluarga mempertahankan dan menciptakan lingkungan rumah sehat.
      Diagnosa Keperawatan 3
      Resiko tinggi terjadinya penularan penyakit saluran pencernaan bagi keluarga berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga mempertahankan dan menciptakan lingkungan rumah sehat.

B.  Perencanaan
Untuk menentukan skala prioritas pemecahan masalah dalam rencana perawatan keluarga pak Kamsir terlebih dahulu dibuat sistem skoring masalah kesehatan sebagai berikut :
1.      Diagnosa Keperawatan : Resiko tinggi bertambah memburuknya penyakit Bronchitis Kronis yang diderita Pak Kamsir berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga mengenal karakteristik penyakit dan perawatannya.
No
Kriteria
Perhitungan
Skor
Pembenahan
1.
Sifat masalah
3/3 x 1
1
Masalah adalah keadaan kurang/tidak sehat dan memerlukan tindakan segera.
2.
Kemungkinan masalah dapat diubah
2/2 x 2
2
Sumber-sumber yang ada dan tindakan untuk me-mecahkan masalah dapat dijangkau keluarga.
3.
Potensi untuk mence-gah masalah
3/3 x 1
1
Masalah dapat dicegah untuk tidak memper-buruk keadaan dapat dilakukan pak Kamsir dan keluarga dengan memperbaiki perilaku hidup sehat.
4.
Menonjolnya masalah
½ x 1
1/2
Keluarga menyadari adanya masalah tetapi tidak didukung dengan pemahaman yang ade-kuat tentang karakteristik penyakit.

Total Skor

4 1/2



2.      Resiko tinggi terjadinya kehamilan ibu Kamsir diluar rencana berhubungan dengan ketidakmampuan mengenal program KB.
No
Kriteria
Perhitungan
Skor
Pembenahan
1.
Sifat masalah
2/3 x 1
2/3
Adanya ancaman keseha-tan tetapi tidak perlu ditangani segera.
2.
Kemungkinan masalah dapat diubah
2/2 x 2
2
Untuk menjadi aseptor KB dengan mengguna-kan kontrasepsi mungkin sulit bagi pasangan tetapi menggunakan metode ka-lender melalui pemaha-man siklus haid dapat diajarkan tanpa biaya mahal.
3.
Potensi untuk mence-gah masalah
3/3 x 1
1
Dengan menggunakan metode kalender yang sifatnya mudah dan mu-rah, pasangan dapat le-luasa berhubungan seks.
4.
Menonjolnya masalah
1/2 x 1
1/2
Bapak dan ibu Kamsir mengatakan dapat mene-rima keadaan hidup tanpa berhubungan seks lagi.

Total Skor

4 1/6


3.   Resiko tinggi terjadinya penularan penyakit saluran pencernaan bagi keluarga berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga mempertahankan dan menciptakan lingkungan rumah sehat.
No
Kriteria
Perhitungan
Skor
Pembenahan
1.
Sifat masalah
2/3 x 1
2/3
Adanya ancaman keseha-tan tetapi tidak perlu ditangani segera.
2.
Kemungkinan masalah dapat diubah
2/2 x 2
2
Untuk membuat septi tank permanent tidak terlalu membutuhkan bia-ya mahal lagipula keluar-ga dapat menabung sedi-kit demi sedikit apalagi pak Kamsir sendiri se-orang tukang batu.
3.
Potensi untuk mence-gah masalah
3/3 x 1
1
Resiko terjadinya penula-ran penyakit saluran pen-cernaan dapat dicegah bagi keluarga.
4.
Menonjolnya masalah
0/2 x 1
0



Total Skor

4 1/6



PELAKSANAAN PERAWATAN KELUARGA PAK KAMSIR
No
Diagnosa Kp. Keluarga
Tujuan Khusus
Tgl
Implementasi
Evaluasi
1.
Resti bertambah memburuknya penyakit Bronchitis Kronis yang diderita pak Kamsir b/d ketidakmampuan keluarga mengenal karakteristik penyakit Bronchitis Kronis dan perawatannya.
1.    Keluarga mengenal karakteristik penyakit Bronchitis Kronis.

5-6-01
·      Menggali pengetahuan keluarga tentang karakteristik penyakit Bronchitis Kronis.
·      Menggali pengetahuan keluarga tentang cara-cara perawatan di rumah.
·      Mendiskusikan bersama tentang karakteristik penyakit Bronchitis Kronis dan perawatannya yang meliputi :
-       Pengertian Bronchitis Kronis.
-       Penyebab.
-       Cara memberikan perawatan di rumah.
·      Menanyakan kembali materi diskusi tentang karakteristik penyakit Bronchitis Kronis dan perawatannya.
·   Keluarga hanya mengenalnya sebagai jenis penyakit saluran pernapasan.
·   Keluarga hanya bisa mengandalkan obat dokter atau pengobatan alternatif dari Tabib.
·   Keluarga mengerti.
·   Keluarga (pak Kamsir) mampu menjawab dengan baik.


2.    Keluarga membuat keputusan yang tepat tentang upaya pengobatan pak Kamsir ke Sarana kesehatan dan sanggup memberikan perawatan yang baik dan benar serta pak Kamsir mengatakan bersedia berhenti merokok.

Membantu menyokong keluarga membuat keputusan yang tepat tentang upaya pengobatan ke sarana kesehatan dan kemampuan memberikan perawatan di rumah serta pak Kamsir sendiri mampu membuat keputusan untuk berhenti merokok.
Keluarga mampu membuat keputusan dan pak Kamsir menyatakan bersedia berhenti merokok.


3.       Keluarga sepakat jika diadakan evaluasi sewaktu-waktu oleh perawat.

7-6-01
·         Meyakinkan keluarga akan manfaat lantai bersih dan terhindar dari debu/tanah.
·         Meyakinkan pak Kamsir akan bahaya merokok terhadap penyakit yang diderita.
·         Meyakinkan keluarga akan bahaya dapur terutama bagi pak Kamsir.
-          Pak Kamsir sudah dirawat/opname di RSUD Dr. Soetomo dengan Diagnose : Gagal jantung kanan. Saat dirawat pak Kamsir sedang terpasang O2 dan Infus Nacl 0,9%. (di Ruang Cardiologi).

DAFTAR PUSTAKA

Bailon G. Salvicion & Maglaya Arracelis. Perawatan Kesehatan Keluarga. Copyriche 1978. UP Coleege of Nursing. Dillman. Quezon City. Philippines. Jakarta. 1989.

Depkes RI. Tata Laksana Perawatan Kesehatan Masyarakat. Jakarta. 1987.

________  Keperawatan Kesehatan Masyarakat. Seri C. Jakarta. 1994.

Fakultas Keparawatan Universitas Indonesia. Kumpulan Makalah Pelatihan Asuhan Keperawatan Keluarga. Jakarta. 2000.

RENCANA PERAWATAN KELUARGA PAK KAMSIR
TANGGAL 01 JUNI 2001

No
Diagnosis Kep. Keluarga
Tujuan
Kriteria Evaluasi
Rencana Intervensi
Umum
Khusus
Kriteria
Standart


Resiko tinggi bertam-bah memburuknya pen-yakit Bronchitis Kronis yang diderita pak Kamsir berhubungan dengan ketidakmam-puan keluarga menge-nal karakteristik penya-kit dan perawatannya.
Setelah dilakukan tindakan keperawatan, keadaan penyakit pak Kamsir berangsur membaik.
1. Keluarga dapat mengenal ka-rakteristik pen-yakit Bronchitis Kronis.

Verbal
a.     Pengertian Bronchitis Kronis.
b.    Penyebab :
·      Merokok
·      Serangan Bronchitis Kronis berulang.
·      Radang hidung.
·      Penyakit saluran Pernapasan lain disertai penumpukan dahak.
·      Menjawab pertanyaan dengan baik dan benar.
1.    Galih pengetahuan keluarga tentang karakteristik penyakit  Bronchitis Kronis dan perawatannya.
2.    Diskusikan bersama tentang karakteristik penyakit Bronchitis Kronis dan perawatannya.
3.    Berikan bimbingan dengan ilustrasi menggunakan gambar, brosur dan sebagainya.
4.    Dengarkan dengan seksama sanggahan yang diajukan keluarga.
5.    Tanggapi pertanyaan dengan sabar.
6.    Bimbing keluarga untuk mengulangi penjelasan yang sudah diberikan.
7.    Berikan pujian bila keluarga mampu menjawab dengan baik dan benar.



2. Keluarga dapat membuat kepu-tusan yang tepat tentang upaya pe-ngobatan pak Kam-sir ke sarana kese-hatan dan bersedia memberikan pera-watan yang baik dan benar dan pak Kamsir menyata-kan bersedia ber-henti merokok.
Verbal
Keputusan yang dibuat keluarga dan pak Kamsir sendiri
1.    Diskusikan alternatif  untuk mengatasi masalah yaitu :
-    Pentingnya berobat teraur ke sarana kesehatan.
-    Modifikasi lingkungan agar pak Kamsir terhindar dari asap dapur.
-    Resiko jika pak Kamsir tetap merokok.
-    Pentingnya kerjasama dengan petugas kesehatan.
-    Manfaat lantai rumah bersih dan terhindar dari debu/tanah.
2.    Beri dorongan kepada keluarga dan pak Kamsir untuk membuat keputusan.
3.    Beri pujian terhadap keputusan yang baik dan benar sebaliknya beri koreksi atas keputusan keliru.




3.  Keluarga sepakat jika diadakan evaluasi sewaktu-waktu.
Perilaku
- Lantai rumah dipel bersih.
- Pak Kamsir telah berhenti merokok.
- Terhindar dari asap dapur.
1.    Jelaskan manfaat evaluasi sewaktu-waktu.
2.    Jelaskan bahwa diskusi akan dilanjutkan jika hasil evaluasi tidak sesuai dengan keputusan yang telah dibuat keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar